Kamis, 23 Juni 2016

EKSPERIMEN MUSIK BOCAH-BOCAH INDONESIA

Tahun 1976 - 40 tahun silam boleh dikatakan sebagai awal kebangkitan musik eksperimen Indonesia.Walau Bagong Kussudiardja mengklaim dirinya sebagai pelopor diawal thn 1970,namun masyarakat pecinta musik Indonesia lebih suka menobatkan Harry Roesli sebagai pelopornya diikuti Guruh yang berkolaborasi dengan Gipsy. Dengan warna musik yang berbeda Giant Step dan Barong's Band juga ikut meramaikannya."Seperti yang pernah saya katakan bahwa saya mau memberikan warna musik yang lain dari yang pernah ada.Apakah itu sebuah bentuk eksperimen,saya tidak terlalu merisaukannya.Yang penting album Barong's Band bakal tampil jauh berbeda.Saya jamin hal itu"tegas Eros Djarot.

Keenan Nasution mengatakan bahwa Guruh Soekarnoputera patut didukung Gipsy."Karena kami memandang hanya Guruh lah yang menguasai musik tradisional Bali secara teori maupun prakteknya".
Bagaimana dengan GodBless."Kami mencoba menggali musik2 tradional dari daerah lain,misalnya dari Minahasa.Kita coba untuk mengawinkanny dengan 'sound' GodBless.Kira2 bunyinya seperti apa.Namun kami tidak memaksakan diri berekperimen,karena GodBless belum pernah bikin album".