Jumat, 10 November 2017

CIGARETTES WEDDING “Senantiasa Mini Tour Bandung & Yogyakarta 2017”

Mungkin telinga kalian masih akan terganggu dengan bunyi-bunyian yang dihasilkan dari sekelompok anak band ini. Ya, terganggu karena memang belum terbiasaakan suara yang keluar dari distorsi dan efek-efek yang unik ini. Ditambah suara vocal yang bisa dibilang tidak jelas, samar-samar, atau bahkan tidak ada vocal sama sekali.
Namun inilah musik, semua orang boleh bebas  mengekspresikannya dengan cara apapun. Musik yang dideskripsikan tersebut adalah masuk dalam kategori music Shoegaze dan  Post-rock. Kedua jenis music ini sangatlah berkesinambungan, warna dari musiknya tidak jauh berbeda.
Atas dasar kesamaan jenis music ini, akhirnya tiga band lokal tanah air muncul dan akan bermain bersama pada tanggal 18 November mendatang di Lou Belle, Bandung.
Diawali oleh inisiatif dari band asal Pekanbaru “Cigarettes Wedding” yang akan memulai mini tour pulau  Jawa pertamanya ini, akhirnya terbentuklah acara yang dinamai “Senantiasa Mini Tour” yang diambil dari judul album pertama mereka “Senantiasa”. Pada tour pertamanya ini mereka menggaet band local  asal Bandung Heals dan Under The Big Bright Yellow Sun (UTBBYS).
Alasan mereka menggaet dua band ini, tentu saja karena jenis musik yang dimainkan hampir seirama, Heals sering disebut-sebut sebagai band Shoegaze. Lalu UTBBYS tentu mereka memainkan musik-musik dalam kategori Post-Rock.
Di Indonesia mereka  terbilang sangat minim saingan. Keberadaan band yang memainkan music ini masih bisa dihitung jari. Sebut saja nama legendaris asal kota Bandung “The Milo” dan “Polyester Embassy” yang musiknya hamper senada. Tapi  tetap saja musik jenis ini masih belum se-tenar musik folk dan metal di Indonesia.
Band asal Pekanbaru ini akan  menjalankan tour dua kota, yaitu Bandung dan Yogyakarta. Untuk di Yogyakarta band ini dibantu oleh beberapa teman dari Handsome Devils Club dengan tajuk acara “Join The Club Vol. 2” dan bertempat di TAP House, bersama band-band sejenis lainnya, seperti Niskala, Last Elise, dan Senja Dalam Prosa.
Terbilang masih jarang juga band asal pulau Sumatera yang berani Tour dengan modal sendiri dan menuju titik-titik penting di pulau Jawa. Tentu hal ini perlu diapresiasi lebih oleh teman-teman pencinta music diseluruh tanah air. Hal kecil yang terasa nyata adalah cukup dating keacara yang mereka buat, jika ada tiket, itu adalah tambahan apresiasi yang bisa diberikan.
Lalu bagaimanakah jadinya jika  band band ini bersatu dalam satu acara? Kita lihat saja nanti, hari Sabtu, tanggal 18 November mendatang di Loubelle Shop, Bandung dan hari Minggu tanggal 19 November di TAP House, Yogyakarta.

-----

Rama Bintang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar